Our social:

Rabu, 02 Maret 2016

Mengunjungi Camp Nou, Kandang Barcelona (Catatan dari Barcelona)

Sumber Google


Jangan membayangkan Camp Nou semegah dan sebesar Gelora Bung Karno, stadion utama kebanggaan rakyat Indonesia. Camp Nou, hanyalah sebuah stadion sepak bola yang hanya mampu menampung penonton sebanyak 66.000 orang. Bayangkan dengan Gelora Bung Karno yang mampu menampung lebih dari 100.000 penonton. 

Prestasi yang membesarkan Camp Nou Memang Camp Nou, kandang tim sepak bola elit Barcelona ini menjadi stadion terbesar di Spanyol, jauh lebih besar bila dibandingkan dengan Estadio Santiago Bernabeu,  kandang rival utamanya, Real Madrid. Meskipun demikian, Camp Nou merupakan stadion yang sangat komplit fasilitasnya. 

Penulis sempat melakukan tour hingga di sisi lapangan yang membesarkan nama-nama besar dari Johan Cruyff era 70-an, hingga pemain terbaik dunia Lionnel Messi yang aksi-aksi briliannya sering terlihat di layar kaca. 

Dari sisi bangunan, Camp Nou memang tidak hanya terdiri atas lapangan sepak bola saja, namun di sekitar stadion juga dibangun Mall untuk suvenir dan franchise dari Tim Sepakbola Barcelona. Bangunan yang dipisahkan dari setadion Camp Nou ini dihubungkan dengan lorong yang bisa di akses oleh penonton Camp Nou.

Dalam bangunan Stadion Camp Nou, juga dilengkapi berbagai ruang yang menjadi pencatat sejarah akan prestasi yang mereka raih sebagai klub elit dunia. Piala-piala, hingga memorabilia dari uniform pemain bintangnya terdisplay dengan baik. Ruang theatre juga dibangun dengan teknologi tinggi sehingga semua moment-moment terbaik Tim Barcelona bisa dinikmati di sini. Pengunjung juga bisa mengunjungi tempat ganti pemain, teraphist room dan ruang pers conference.

Secara ukuran, memang Camp Nou boleh dibilang stadion yang mungil, tapi secara prestasi tidak ada yang bisa membantah kalo Klub Sepakbola Barcelona sangat sangat besar, melebihi kebesaran stadion Camp Nou sendiri. Bila prestasi berkelas dunia, apapun bisa dijual dan mendatangkan dana. 

Bagaimana dengan Timnas kita dengan stadion Gelora Bung Karno yang begitu megah? Hmmmm.... Masih jauh dari harapan! +++ 

0 komentar:

Posting Komentar