Our social:

Rabu, 02 Maret 2016

Tepi Waduk Gajah Mungkur: Nostalgia Kaki Bukit dan Teduhnya Danau

Sumber Google



Membicarakan Wonogiri, tidak lepas dari membicarakan obyek wisata dan kuliner. Dari gua-gua alamnya, laut pesisirnya hingga kuliber Mbah Glinding di tepi waduk Gajah Mungkur. 

Waduk Gajah Mungkur terletak di antara perbukitan arah selatan Kota Wonogiri. Bisa dijangkau sekitar 15 menit dari pusat kota (tentu bila sedang tidak macet seperti saat lebaran). Menuju pusat kuliner yang berada di sisi danau Waduk Gajah Mungkur sendiri, kita akan disuguhi kemolekan alam Wonogiri yang selalu terdiri dari 2 unsur, bebatuan dan pohon rindang (saat musim hujan). 

Dari celah bukit kita bisa mengintip Kota Wonogiri di sisi utara dan memanjakan pemandangan air di sisi selatan. Waduk Gajah Mungkur yang yang membendung Sungai Bengawan Solo ini terlihat begitu luasnya. 

Memang sepanjang jalan, kita disuguhi dua pemandangan yang berbeda. Bila kita menelusuri jalanan berkelok ke arah selatan (Wuryantoro) maka di sisi kiri kita akan menikmati pemandangan waduk yang indah. Perahu-perahu nelayan, keramba-keramba dan juga pulau-pulau kecil yang menyembulkan pepohonan rimbun terlihat elok. Sementara di sisi kanan jejeren bukit cadas seperti membawa kita ke negeri Avatar. Sungguh kejaiban alam yang luar biasa. 

Di sinilah kuliner Wonogiri terhanpar sepanjang jalan di sisi waduk dan di kaki bukit. 

Ikan-ikan bakar yang fresh, bothok mlanding yang menggoda hingga es degan yang sangat segar tersedia dengan baik. Dari tempat makan ini, kita bisa menikmati pemandangan waduk lebih nyaman. Angin yang sepoi-sepoi dan suguhan panganan yang bercita rasa tinggi tidak heran membuat resto-resto di sisi waduk Gajah Mungkur akan dipadati pengunjung. 

Ikan air tawar, udang-udang yang dipanen dari dalam waduk, cukup memanjakan pecinta sea food. 

Wonogiri memiliki banyak "talenta" alam. Selain penduduknya dikenal pekerja keras di perantauan (rata-rata merek berwira usaha), Wonogiri juga merupakan penghasil kayu jati dan buah mede yang sangat mendunia. 

Kalian tidak akan menemukan sebuah kota dengan keramhan seperti Wonogiri, dan juga kuliner berlimpah dengan harga murah. 

Salam Mayoko Aiko
Praktisi Periklanan 

Kepala Sekolah Cendol (Cerita Nulis Diskusi OnLine)

0 komentar:

Posting Komentar