Our social:

Rabu, 02 Maret 2016

Toledo: Kota Tua Tiga Agama


Sumber Googel


Toledo, sebuah kota tua di Spanyol, bisa dijangkau dari Madrid sekitar 30 menit melalui perjalanan darat. Kota tua ini dibangun di atas bukit, dan dikelilingi sungai. Di sini pula komunitas otonom Castile-La Mancha berada. Toledo dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1986 sebagai warisan budaya dan unifikasi Kristen, Muslim dan Yahudi. Banyak orang besar lahir di Toledo seperti Alfonso X, El Greco, Garcilaso. 

Toledo atau dalam Bahasa Latin,-Toletum- menjadi kota strategis zaman Romawi. Toledo tidak bisa dipisahkan dengan Alfonso VI dari Kastilia. Toledo terus menjadi pusat budaya utama. Kajian-kajian Muslim, Yahudi dan Christiani berkembang di kota ini. Secara geografis, Toledo berada sebuah bukit kecil. Untuk mengunjungi Toledo, pemerintah setempat menyediakan elevatror bersusun-susun karena memang kota ini berada di puncak yang secara harafiah, mereka seperti tingggal dalam benteng pertahanan. 

Pun di sekitarnya, kota ini dikelelingi oleh sungai. Kota tua Toledo, dihuni sekitar 30.000an jiwa dengan rumah-rumah tua yang terjada dengan baik. Jalanan yang sempit terbuat dari batu, namun terawat dengan baik. Bila kalian sempat ke Spanyol, jangan melupakan Toledo. Kota ini nyaris dikunjungi oleh ribuan wisatawan dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia. 

Salam Mayoko Aiko 
Praktisi Periklanan 
Kepala Sekola Cendol (Cerita Nulis Diskusi Online)

0 komentar:

Posting Komentar